Senin, 13 Juni 2016

apa itu apresiasi puisi?

Apakah yang Dimaksud Apresiasi Puisi?    
    Mengapa kita perlu menjawab pertanyaan tentang maksud apresiasi puisi? Pertanyaan itu merupakan pertanyaan mendasar. Karena menjadi subjek pembicaraan perkuliahaan. Jawaban dari pertanyaan "apa yang dimaksud Apresiasi Puisi ?" Perlu terlebih dahulu ditemukan sebelum menjawab dua pertanyaan lain. 

        Tujuannya agar kita tidak salah tangkap. Dalam khasanah ilmu pengetahuan sastra dikenal juga istilah kritik dan esai sastra. Ketiga istilah itu maknanya jelas berbeda. Tapi jika kita tidak cermat maka tidak mustahil akan menyamakan pengertian ketiga istilah itu. Jadi apresiasi puisi, kritik puisi, dan esai tentang puisi merupakan tiga hal yang berbeda. Tidaklah sama. Jika pertanyaan apakah apresiasi puisi itu? Tidak kita jawab, maka bisa jadi kita salah tangkap. Mengira apresiasi puisi ternyata kritik puisi atau esai puisi. 

          Setelah kita ulas lebih lanjut jadi Apresiasi Puisi adalah usaha untuk mengenali, memahami, dan menghargai karya sastra yang berbentuk puisi. Mengenali puisi dapat dilakukan dengan mengetahui pengertian puisi, ciri-ciri puisi, dan unsur-unsur pembangun puisi. Memahami puisi dapat dilakukan dengan menyingkap judul, memahami makna kata-kata kunci , mengusun rujukan kata ganti, mempelajari konteks penciptaan, dan merumuskan makna utuh. Sedangkan menghargai puisi dilakukan dengan cara menganalisis aspek diksi, pengimajian, kata konkret, majas, verifikasi, tipiografi, dan saran retorika. 

Daftar Pustaka

 Mulyono, Tri. 2013. Teori Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Senja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar